Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEMETAAN DAN SIG

 PEMETAAN DAN SIG - Pemetaan dan SIG merupakan sebuah mata kuliah yang kita dapatkan jika berkuliah di Teknik Sipil atau di beberapa jurusan lainnya. Namun ada juga dengan sebutan atau nama yang berbeda, namun isinya hampir sama.

`

PEMETAAN DAN SIG
Alat untuk pemetaan | utoeh.com

Apa Itu Pemetaan Dan SIG ?

Merupakan sebuah cara atau teknik untuk mengumpulkan, memanipulasi, mengeloa dan juga memvisualisasikan data spasial yang terkait dengan posisi sebenarnya dari permukaan bumi dengan titik koordinat informasi tentang pemetaan.

Komponen Pada GIS (Geographik Information System)

Untuk menghasilkan data yang diinginkan, kita harus menggabungkan beberapa elemen atau komponen guna mendapatkan yang terbaik. Adapun elemen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • User (pengguna)
  • sofware (Perangkat Lunak)
  • Hardware (Perangkat Keras)

Adapun data yang akan dibutuhkan meliputi : Data Spasial dan Data Non Spasial. Berikut penjelasan lengkapnya.

Data spasial :

Yaitu data yang berkaitan dengan aspek keruangan dan juga merupakan data yang menyajikan lokasi geografis atau gambaran nyata wilayah di permukaan bumi. Umumnya direpresentasikan berupa grafik, peta, atau pun gambar dengan format digital dan disimpan dalam bentuk koordinat x–y (vektor) atau dalam bentuk citra (raster) yang memiliki nilai tertentu.

Praktek Pemetaan Dan SIG | utoeh


Data non-spasial

Data ini merupakan  data yang menerangkan keadaan atau informasi dari suatu objek (lokasi dan posisi) yang ditunjukkan oleh data spasial. Salah satu komponen utama dari SIG adalah perangkat lunak (software). Dalam perancangan peta pada umumnya digunakan salah satu software SIG yaitu MapInfo Profesional 8.0. MapInfo adalah sebuah perengkat lunak Sistem Informasi Geografis dan pemetaan yang dikembangkan oleh MapInfo Co. Perangkat lunak ini berfungsi sebagai alat yang dapat membantu dalam memvisualisasikan, mengeksplorasi, menjawab query, dan menganalisis data secara geografis.

Aplikasi SIG

Adapun aplikasi untuk melakukan olah data dari pemetaan dan sig juga beragam. Pada aplikasi ini terdapat beberapa fungsi dan fasilitas sebagai penunjang pengguna aplikasi. Adapun penunjangnya sebagai berikut : legenda (legend), skala, zoom in/out, pan (dengan fasilitas pan peta dapat digeser-geser untuk melihat daerah yang dikehendaki), searching, pengukuran, informasi, dan link. Aplikasi SIG dapat memvisualkan secara 2 dimensi ataupun 3 dimensi, dapat berjalan di desktop ataupun di web.

Dalam bidang keteknikan, khususnya teknik sipil sangatlah dibutuhkan tenaga yang dapat dihandalkan untuk membuat pemetaan dan pengoperasian alat yang bersangkutan.

Fungsi di Teknik Sipil

Dalam melaksanakan suatu bangunan, baik bangunan besar, sedang, dan yang kecil sekalipun, memerlukan suatu perencanaan yang matang terlebih dahulu. Tidak mungkin dapat dibuat suatu rencana yang baik tanpa tersedia peta yang baik harus didasarkan atas hasil pengukuran yang benar. Pengukuran-pengukuran yang dimaksud adalah ukur tanah.

Dari latar belakang permasalahan kita di bidang konstruksi, sudah dapat kita simpulkan secara pribadi bahwa sangatlah penting dapat mengoperasikan dan membuat data yang diperlukan.

Berikutnya akan kami posting mengenai alat yang digunakan dalam pengukuran.

Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami yang berjudul "PEMETAAN DAN SIG" semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian.

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya, namun jika ada diantara sahabat sekalian yang ingin memberikan saran, ide komentar dan lain sebagainya dapat meninggalkan komentar dibawah ini atau dapat melalui email kami ke : sharelaju@gmail.com atau dapat juga ke DM Ig : utoehcom

Keyword: pemetaan, sig, surveyor

Orang lain juga mencari dengan kata kunci

  • pemetaan adalah
  • pemetaan dan sig teknik sipil
  • jurnal komponen sig
  • sebutkan yang termasuk pemetaan dalam sistem jaringan
  • sistem informasi geografis pdf
  • paper tentang sistem informasi geografis
  • jurnal sig pdf
  • jurnal sistem informasi geografis dan pemetaan

Posting Komentar untuk "PEMETAAN DAN SIG"