Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APA ITU TULANGAN SENGKANG

Pengertian Dan Fungsi Dari Tulangan Sengkang - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tulangan sengkang. Semoga dapat bermanfaat dan berkah

tulangan sengkang atau begel
Tulangan sengkang atau begel | Utoeh

Istilah tulangan sengkang sering kita dengar dalam dunia konstruksi, setiap bangunan gedung yang memilih struktur beton pasti memakai tulangan ini. Lantas apa fungsi dari sengkang pada tulangan ?

Fungsi Dan pengertian Tulangan Sengkang

Tulangan sengkang atau begel merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai penahan tegangan geser dan torsi pada komponen struktur, misalkan seperti kolom dan balok.

Dengan fungsinya yang sangat penting begel hanya dianggap sebagai pengikat tulangan yang utama. Padahala dia mempunyai fungsi yang sangat krusial, dia berfungsi untuk meningkatkan kekangan inti beton.

Dimana tulangan sengkang ini terdapat ?

Tulangan sengkang ini terdapat pada, kolom, balok dan beberapa struktural lainnya. Letak atau jarak sengkang ini sangat berpengaruh terhadap kekokohan sebuah struktur, maka olehnya diataur dalam standard Nasional Indonesia/ SNI.

SNI - 03-2847-2002 yang menjelaskan bahwasanya jarak atau spasi tulangan tidak boleh melebih 16 kali tulangan utama atau setara 48 kali diameter tulangan sengkang alias ukuran paling kecil dari penampang struktur tekan.

Fungsi dari tulangan sengkang ?

Beberapa paragraf atau tulisan diatas telah disebutkan fungsi dari tulangan sengkang. Namun fungsinya secara detail akan kami tulis pada paragraf dibawah ini

Tulangan sengkang berfungsi untuk menahan beban geser pada arah  tegak lurus terhadap sumbu batang balok (vertikal), sedangkan pada arah di bagian atas dan bawah (horizontal) tidak diperhitungkan menahan beban gaya yang terjadi pada balok. Beban geser balok menyebabkan terjadinya keretakan geser.

Perencanaan tulangan geser dilakukan guna untuk menahan gaya tarik arah tegak lurus terhadap retak tarik diagonal. Retak miring akibat geser di badan balok beton bertulang dapat terjadi tanpa disertai retak akibat lentur disekitarnya, atau dapat juga sebagai lanjutan proses retak lentur yang telah mendahuluinya (Astariani, 2010).

Nah itulah sedikit mengenai pengertian dan fungsi dari tulangan sengkang atau lebih dikenal dengan sebutan begel.

Terimakasih telah mengunjungi halaman kami yang berjudul "APA ITU TULANGAN SENGKANG". Semoga dapat bermanfaat

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya, namun jika ada diantara sobat yang ingin memberikan saran, komentar dan lainnya dapat meninggalkan komentar dibawah atau dapat melalui DM ke ig utoehcom dan bisa juga via email : sharelaju@gmail.com

Kata kunci : tulangan sengkang, begel, behel, kolom, balok.

Orang lain juga mencari "APA ITU TULANGAN SENGKANG" dengan keyword :

  • fungsi tulangan sengkang
  • jarak tulangan sengkang
  • besi sengkang adalah
  • sengkang adalah
  • sengkang kolom adalah
  • diameter tulangan sengkang
  • gambar tulangan sengkang
  • perbedaan sengkang dan begel

Posting Komentar untuk "APA ITU TULANGAN SENGKANG"