Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERBEDAAN TUMPUAN DAN LAPANGAN RING BALOK

Ring balok (ringbal) merupakan sebuah struktur bangunan yang ada pada bangunan tepat berada diatas dinding. Fungsi dari ringbal adala sebagai pengikat pasangan susunan pada tembok yang juga berfungsi untuk meratakan beban yang terdapat pada struktur yang ada diatasnya.

Berikut ini kami akan menyajikan gambar detail dari ring balok lengkap dengan file dwg yang kami lampirkan.

perbedaan tumpuan dan lapangan
Gambar tumpuan dan lapangan ring balok

Diatas merupakan sebuah contoh gambar dari ringbalk dengan ukuran 20 x 30. Pada detail tersebut ada keterangan tumpuan dan juga lapangan, Lantas apa yang membuat keduanya berbeda ?

Perbedaan Tumpuan dan Lapangan Ring Balok

Keduanya adalah sama - sama dari tulangan pokok dari ring balok, hanya saja penempatan yang berbeda. Jadi apa yang berbeda ?

Tumpuan ring balok

tumpuan ring balok
Tumpuan ring balok

Tumpuan ring balok merupakan tulangan pokok pada ring balok yang terdapat pada tengah bentang ringbal tersebut.

Lapangan ring balok

PERBEDAAN TUMPUAN DAN LAPANGAN RING BALOK
Tulangan lapangan ring balok


Tulangan lapangan ini juga dapat disebut sebagai tulangan sengkang, stirrups dan juga sebutan lainnya. Tulangan ini terbentuk melingkar mengikat tulangan utamanya pada ring balok. Fungsinya adalah untuk memegang si tulangan utama dan juga berfungsi untuk tulangan geser (atau menahan gaya geser).

Nah setelah membaca tulisan diatas apakah sudah tahu perbedaaan dari kedua tulangan tersebut ?

Jika ada kekurangan dalam penjelasan dapat ditulis dikolom komentar atau dapat dikirim ke email mimin di sharelaju@gmail.com

Untuk File DWG / Autocad 

Seperti biasanya, kami menyajikan juga file dwg atau file yang dapat dibuka ddengan aplikasi autocad, berikut ini kami lampirkan dibawah.

Donwload disini tinggal klik "unduh file dwg ring balok (ringbal)"

Silakan di donwload filenya dengan kaun google anda karena akan terhubung dengan drive.

Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami yang berjudul "PERBEDAAN TUMPUAN DAN LAPANGAN RING BALOK" semoga dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian. 

Jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya admin mohon maaf, namun apabila ada diantara sahabat sekalian yang ingin memberikan ide, saran, komentar dan lain sebagainya dapat meninggalkan komentar dibawah ini dan boleh juga melalui email sharelaju@gmail.com atau dengan mengunjungi instagram kami di : utoeh.com

 


 

2 komentar untuk "PERBEDAAN TUMPUAN DAN LAPANGAN RING BALOK"