Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALAT BERAT YANG DIGUNAKAN PADA PROYEK GEDUNG

 ALAT BERAT YANG DIGUNAKAN PADA PROYEK GEDUNG - Alat berat yaitu sebuah mesin yang berukuran besar yang dirancang untuk dapat melaksanakan tugas - tugas konstruksi seperti halnya mobilisasi material, pembersihan lahan, pengerukan lahan, penggalian, pemiringan, pemadatan dan bermacam fungsi lainnya.

alat berat pada konstruksi gedung
Alat berat yang sering digunakan di proyek gedung | Industri


Alat berat menjadi kebutuhan dasar dan juga kebutuhan khusus di dunia konstruksi, alat berat ini memiliki jenis dan model yang berbeda - beda sesuai dengan fungsi yang diperlukan. Seperti yang kita ketahui bidang konstruksi ini sangatlah luas, mulai dari proyek gedung, jalan, bendungan dan juga pelabuhan. Setiap proyek membutuhkan alat yang berbeda - beda. Pada kesempatan ini admin akan berbagi tentang alat yang digunakan pada proyek konstruksi gedung, mari simak selengkapnya :

1. Exavator 

Exavator merupakan alat berat yang memiliki bucket yang bisa digunakan untuk menggali. Alat ini memiliki tongkat, batang, keranjang (buket), sebuah rungan untuk operator yang terdapat pada wahana putar alat tersebut dan juga memiliki roda yang anti bocor yakni menggunakan rantai. Dalam sebuah proyek gedung exavator berguna untuk menggali tanah, memindahkan tanah, penggalian bassemen dan masih banyak kegunaan lainnya.

2. Compresor

Kompresor merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai pemomp audara yang digunakan dalam pembersihan area pekerjaan dari debu maupun sampah ringan lainnya sebelum dilakukan pengecoran maupun kegiatan lainnya yang membutuhkan kebersihan suatu area.

3. Dump Truck

Truk ini juga dikenal dengan sebutan truk jungkit hal ini karena dump truck ini dapat mengosongkan isinya tanpa harus manual oleh manusia (menggunakan hidrolik untuk jungkit). Truk ini biasanya digunakan untuk memobilisasi bahan material pada suatu proyek.

4. Wheel Loader

Wheel loader merupakan sbuah alat berat memiliki bucket besar yang mengarah kedepan dan menggunakan roda sehingga pergerakannya lebih mudah.

5. Batching Plant

Merupakan alat yang digunakan untuk membuat beton jadi (Ready Mix). Mesini ini bertugas mencampur berbagai material pembuat beton

6. Pile Drive Hammer

Digunakan pada pembangunan gedung bertingkat, jembatan atau penahan tanah yang memerlukan pondasi yang dalam.

7. Truck Mixer

Truk ini mempunyai tabung yang berputar untuk menjaga beton agar tetap segar hingga sampai dipakai di proyek yang dituju.

8. Concreate Pump

Mempunyai pipa - pipa yang berfungsi untuk menyalurkan beton ketempat yang lebih tinggi. Biasanya juga sering disebut sebagai belalai gajah.

9. Front Shovel

Front shovel merupakan alat berat yang terdiri dari boom, arm serta bucket dan digerakkan oleh tenaga hidrolik yang dimotori dengan mesin diesel dan berada di atas roda rantai. Alat ini sering digunakan untuk menggali tanah, selain itu dia juga dapat berfungsi untuk penimbun tanah dan beberapa fungsi lainnya.

9. Scrapper

Scrapper merupakan alat berat yang berfungsi untuk mengikis tanah, mengeruk, mengangkut dan juga menabur tanah dari hasil pengerukan berlapis. Ternyata alat ini juga bisa difungsikan sebagai mobilisasi material dengan jarak yang relatif jauh untuk sebuah alat berat (2000 m atau 2 km). Scrapper 

Nah itulah sebagian alat berat yang umum digunakan pada konstruksi gedung. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami yang berjudul "ALAT BERAT YANG DIGUNAKAN PADA PROYEK GEDUNG". Jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya admin mohon maaf yang sebesar - besarnya dan jika sobat berkenan mengoreksi postingan ini, memberikan ide, kritik, saran dan lain sebagainya bisa melalui komentar di bawah atau dengan menghubungi kontak email : sharelaju@gmail.com

2 komentar untuk "ALAT BERAT YANG DIGUNAKAN PADA PROYEK GEDUNG"

  1. Balasan
    1. Sama-sama sobat. Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami, semoga bermanfaat.

      Hapus