Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LINGKUP PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN GEDUNG

 

 Kenali lingkup pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung -  Dalam perawatan gedung ini semua bidang yang sudah tertulis pada postingan sebelumnya (struktur organisasi pemeliharaan dan perawatan bangunangedung) tercantum dan saling memiliki keterikatan dalam mewujudkan suatu gedung sesuai dengan standar yang berlaku. Adapun yang tercantum atau tenaga yang termasuk kedalam lingkup pemeliharaan ini yaitu : Arsitektual, struktural, mekanikal (tata udara, sanitasi, plambing dan transportasi.)

 

LINGKUP PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN GEDUNG
Menggali ilmu bersama PT. Adhi Karya | Istimewa

1. Arsitektual

Arsitektual merupakan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan arsitektur. Arsitek adalah yang penting  dalam perencanaan, perancangan desain, perkiraan anggaran, dan pengontrolan pembangunan bangunan (seperti perumahan, pertokoan, dan perkantoran). Pekerjaan ini memerlukan kemampuan mengkombinasikan desain yang menarik dan fungsional. Adapun pekerjaan yang menjadi bagian arsitektual disini adalah :

  • Memelihara dengan baik dan teratur jalan keluar sebagai sarana penyelamat (egress) bagi pemilik dan pengguna bangunan.
  • Memelihara secara baik dan teratur unsur-unsur tampak luar bangunan sehingga tetap rapih dan bersih.
  • Memelihara secara baik dan teratur unsur-unsur dalam ruang serta perlengkapannya.
  • Menyediakan sistem dan sarana pemeliharaan yang memadai dan berfungsi secara baik, berupa perlengkapan/peralatan tetap dan/atau alat bantu kerja (tools).
  • Melakukan cara pemeliharaan ornamen arsitektural dan dekorasi yang benar oleh petugas yang mempunyai keahlian dan/atau kompetensi di bidangnya.

2. Struktural

Struktural merupakan sebuah bidang dari teknik sipil yang sangat dibudtuhkan pada bidang konstruksi, terutama konstruksi atau bangunan sipil. Teknik sipil merupakan ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, erenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.Adapun pekerjaan yang menjadi tanggungan civil engiiner disini adalah sebagai berikut :

  • Memelihara dengan baik dan teratur unsur-unsur struktur bangunan gedung dari pengaruh korosi, cuaca, kelembaban, dan pembebanan di luar batas kemampuan struktur, serta pencemaran lainnya.
  • Memelihara dengan baik dan teratur unsur-unsur pelindung struktur.
  • Melaksanakan pemeriksaan secara teratur sebagai bagian dari perawatan preventif (preventive maintenance).
  • Mencegah dilakukannya perubahan dan/atau penambahan fungsi kegiatan yang menyebabkan meningkatnya beban yang berkerja pada bangunan gedung, di luar batas beban yang direncanakan.
  • Melakukan cara pemeliharaan dan perbaikan struktur yang baik dan benar oleh petugas yang mempunyai keahlian dan atau kompetensi di bidangnya
  • Memelihara bangunan agar difungsikan sesuai dengan penggunaan yang direncanakan.

3. Mekanikal (Tata Udara, Plumbing, Sanitasi dan juga Tansportasi)

Pekerjaan mekanikal merupakan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan alat mesin besar, seperti eskalator  dan lift untuk gedung besar, AC, pompa air, perawatan mesin – mesin dan instalasi penunjang lainnya. Adapun lingkup pemeliharaan mekanikal ini meliputi :

  • Merawat dan juga melakukan pemeriksaan secara berkala sistem tata udara, agarmutu udara dalam ruangan tetap memenuhi persyaratan teknis dan kesehatan yang disyaratkan meliputi pemeliharaan peralatan utama dan saluran udara.
  • Memelihara dan melakukan pemeriksaan berkala sistem distribusi air yang meliputi penyediaan air bersih, sistem instalasi air kotor, sistem hidran, sprinkler dan septik tank serta unit pengolah limbah.
  • Memelihara dan melakukan pemeriksaan berkala sistemtransportasi dalam gedung, baik berupa lif, eskalator, travelator, tangga, dan peralatan transportasi vertikal lainnya.

4. Elektrikal (Catur Daya, Tata Cahaya, Telepon, Komunikasi Dan Alarm)

Pekerjaan mekanikal elektrikal adalah setiap pekerjaan yang berhubungan dengan instalasi listrik. Adapun lingkup pemeliharaan mekanikal ini meliputi : 

  • Melakukan pemeriksaan periodik dan memelihara pada perlengkapan pembangkit daya listrik cadangan.
  • Melakukan pemeriksaan periodik dan memelihara pada perlengkapan penangkal petir.
  •  
  • Melakukan pemeriksaan periodik dan memelihara sistem instalasi listrik, baik untuk pasokan daya listrik maupun untuk penerangan ruangan.
  • Melakukan pemeriksaan periodik dan memelihara jaringan instalasi tata suara dan komunikasi (telepon) serta data.
  • Melakukan pemeriksaan periodik dan memelihara jaringan system tanda bahaya dan alarm.

Tata Ruang Luar

Ruang luar yaitu ruang yang terjadi dengan membatasi alam hanya pada bidang alas dandindingnya, sedangkan pada bidang atapnya, tidak terbatas. Adapun lingkup pemeliharaan mekanikal ini meliputi : 

  • Merawat secara baik dan teratur kondisi dan permukaan tanah dan/atau halaman luar bangunan gedung.
  •  
  • Merawat secara baik dan teratur unsur-unsur pertamanan di luar dan di dalam bangunan gedung, seperti vegetasi (landscape), bidang perkerasan (hardscape), perlengkapan ruang luar (landscape furniture), saluran pembuangan, pagar dan pintu gerbang, lampu penerangan luar, serta pos/gardu jaga.
  • Menjaga kebersihan di luar bangunan gedung, pekarangan dan lingkungannya.
  • Melakukan cara pemeliharaan taman yang benar oleh petugas yang mempunyai keahlian dan/atau kompetensi di bidangnya.

5. Tata Graha (House Keeping)

Tata Grha merupakan bagian dari departemen yang bertanggung jawab mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan dan kenyamanan, memperbaiki kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar bangunan atau konstruksi tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya.

Pekerjaan tata graha meliputi seluruh kegiatan Housekeeping yang membahas hal-hal terkait dengan sistem pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung, di antaranya mengenai Cleaning Service, Landscape, Pest Control, General Cleaning mulai dari persiapan pekerjaan, proses operasional sampai kepada hasil kerja akhir. Adapun lingkup pemeliharaan mekanikal ini meliputi : 

  • Pemeliharaan Kebersihan (Cleaning Service). 
  • Program kerja pemeliharaan kerja gedung meliputi program kerja harian, mingguan, bulanan dan tahunan yang bertujuan untuk memelihara kebersihan gedung yang meliputi kebersihan ‘Public Area’, ‘Office Area’ dan ‘Toilet Area’ serta kelengkapannya.
  • Pemeliharaan dan Perawatan Hygiene Service. Program kerja ‘Hygiene Service meliputi program pemeliharaan dan perawatan untuk pengharum ruangan dan anti septik yang memberikan kesan bersih, harum, sehat meliputi ruang kantor, lobby, lif, ruang rapat maupun toilet yang disesuaikan dengan fungsi dan keadaan ruangan.
  • Pemeliharaan Pest Control. Program kerja pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan ‘Pest Control’ bisa dilakukan setiap tiga bulan atau enam bulan dengan pola kerja bersifat umum, berdasarkan volume gedung secara keseluruhan dengan tujuan untuk menghilangkan hama tikus, serangga dan dengan cara penggunaan pestisida, penyemprotan, pengasapan (fogging) atau fumigasi, baik ‘indoor’ maupun ‘outdoor’ untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna gedung .
  • Program General Cleaning. Program pemeliharaan kebersihan yang dilakukan secara umum untuk sebuah gedung dilakukan untuk tetap menjaga keindahan, kenyamanan maupun performance gedung yang dikerjakan pada hari hari tertentu atau pada hari libur yang bertujuan untuk mengangkat atau mengupas kotoran pada suatu objek tertentu, misalnya lantai, kaca bagian dalam, dinding, toilet dan perlengkapan kantor.

Itulah lingkup pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian. Jika ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya admin mohon maaf dan jika ada sahabat yang ingin memberikan saran, komentar, ide dan lain sebagainya admin persilakan untuk meninggalkan komentar dibawah atau boleh via direct messege (DM) instagram (@utoeh.site) dan juga email ke : sharelaju@gmail.com

 

Posting Komentar untuk "LINGKUP PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN BANGUNAN GEDUNG"