Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN SLOOF, KOLOM DAN BALOK

PENGERTIAN SLOOF, KOLOM DAN BALOK – Halo sahabat utoeh semua, kali ini kita akan berbagi tentang pegertian structural yang sangat penting kita ketahui sebagai seorang yang berkiprah dibidang konstruksi. Pada dasarnya sebuah bangunan yang dikatakan lengkap dan aman itu terdiri dari bebagai elemen yang saling membantu satu sama lain untuk memberikan kekuatan yang mampuni untuk menahan beban yang akan ditimbulkan.

PENGERTIAN SLOOF, KOLOM DAN BALOK
Gambar potongan bangunan | Istimewa

Pada bangunan yang lengkap, kita akan mendapati yang namanya sloof, kolom dan balok. Itulah yang akan membuat sebuah bangunan kokoh, lalu apa pengertian dari ketiga struktur tersebut ?

Pengertian Sloof

Sloof merupakan sebuah item structural yang terdapat pada bangunan, sloof sendiri terdapat diatas pondasi, dialah yang men transfer semua beban yang terdapat diatasnya kepada pondasi. Kolom terbuuat dari beton bertulang yang dirancang sesuai dengan kebutuhan structuralnya, baik itu kebutuhan besi, pasir, semen dan lainnya.

Apa Fungsi Sloof ?

Fungsinya sama seperti utoeh jelaskan diatas, akan tetapi kini utoeh lebih menjelaskan lagi secara lebuh rinci agar sahabat lebih paham. Mari simak fungsinya :

  • Menjadi sarana penahan gaya raeaksi yang diterima dari beban diatasnya lalu di transfer ke pondasi lajur
  • Sebagi pengikat kolom (saling terhubung)
  • sloof dan juga pondasi sama – sama berfungsi untuk menahan atau tempat berdirinya dinding atau tempat menempelnya pasangan bata, jika sloof ono patah atau rusak maka akan berpengaruh terhadap dinding bahkan akan berdamak besar terhadap suatu bangunan.
  • Meratakan gaya beban dinding ke pondasi

Pengertian Kolom

Kolom merupakan sebuah struktur utama yang terdapat pada sebuah bangunan, saya rasa bangunan tanpa kolom itu adalah hoax, kolom ini berbentuk batang takan vertical dari rangka struktur yang menerima beban dari si balok. Perlu anda ketahui “runtuhnya kolom adalah sumber collapse nya suatu struktur bangunan.

Apa Fungsi Dari Kolom ?

Fungsi dari kolom adalah meneruskan berat bangunan dan beban yang terdapat pada bangunan seperti beban hidup (beban yang bergerak seperti manusia, barang), juga beban lainnya seperti : angina, gempa dan lainnya. Beban yang diterima oleh kolom ini akan di distribusikan ke permukaan tanah dibawahnya.

Kunjungi juga post kami yang lainnya :

3 MACAM SKALA GAMBAR

full !! fungsi icon yang terdapat di clipboard

Pengertian Balok

Balok merupakan sebuah bagian struktur bangunan yang dirancang  sedemikian rupa untuk dapat menanggung dan juga mentransfer ebban menuju kolom. Balok ini biasanya terbuat dari bahan yang sama dengan kolom, oleh karenanya mereka memiliki kesamaan .

Funsi Balok

Balok ini berfungsi sebagai rangka penguat bidang horizontal bangunan akan beban yang diterimanya

Sekian pembahasan dari kami.

Terimakasih telah berkunjung ke halaman kami yang berjudul "PENGERTIAN SLOOF, KOLOM DAN BALOK" . Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat utoeh sekalian, mohon maaf atas kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya admin mohon maaf dan jika ada diantara sahabat yang ingin memberikan saran, komentar, kritikan, ide dan lain sebagainya admin persilakan di kolom komentar atau bisa juga via email : sharelaju@gmail.com 

 

 

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN SLOOF, KOLOM DAN BALOK"