Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ISTILAH DALAM PROYEK KONSTRUKSI

 ISTILAH DI LAPANGAN PROYEK KONSTRUKSI - Dalam pelaksanaaan proyek konstruksi bermacam perbedaan istilah terdapat, baik itu istilah konsultan maupun istilah tukang, oleh karena itu berikut telah admin siapkan sedikit tulisan tentang istilah konstruksi di lapangan.

ISTILAH DALAM PROYEK KONSTRUKSI
Sedang membaca gambar | istimewa


1. Tembereng (bekisting balok)

Tembereng merupakan suatu bagian dari bekisting balok yang berada di sisi samping kanan dan kiri. Tembereng ini biasanya menggunakan  triplek dengan ketebalan 9 mm hingga 12mm tergantung dengan keperluan dilapangan, tentunya sesuai analisa dan standart yang berlaku.

2. Gelagar

Gelagar merupakan sebuah balok yang berukuran 18/12 cm, kayu ini digunakan guna menumpu suri - suri. Kayu yang biasa digunakan yaitu kayu kelas II. Sistem pemasangannya yaitu gelagar menumpu pada scafolding yang memannjang searah dengan balok beton.

3. Suri - suri

Suri - suri merupakan sebuah kayu balok yang dipergunakan guna menumpu bodeman pada bekisting balk. Kayu kelas berukuran II 6/12 cm dengan panjang 1.5 m s /d 2m merupakan kayu yang dipakai sebagai suri - suri.

4. Bodeman

Saat ada tukang yang bilang bodeman dilapangan konstruksi jangan menyangka di sedang memanggil kawannya ya, karena bodeman dan budiman itu beda. Bodeman sendiri dalam dunia konstruksi dikenal sebagai suatu sisi yang terdapat pada bagian bawah bekisting pada balok. Bodeman biasanya dipasang terdahulu sebelum si tembereng tancap gas. Bodeman ini dipasang sekali tancap (sekaligus) dengan menyetting elevasi balok.

5. Jetster

Jetster ya bukan jester (pelawak). Jetster merupakan sebuah metode pelaksanaan konstruksi pada bidang bekisting balok dan juga pelat yang termasuk kedalam bagiannya bodeman, tanpa jetster ini si bodeman akan rusak, makanya letak jetster diletakkn di tepi yang dimana berhubungan langsung dengan kolom. Jester ini akan ruksak ketika kita membongkar bekisting, ya itu dikarenakan pada dasarnya jetster ini dibuat demikiam untuk berkorban terhadap keutuhan yang lainnya.

Hebat ya si jetster kawan bodeman ini !!!

6. Sekor / Support

Seperti namanya support, begitu juga fungsinya yaitu mendukung bekitsing baik itu balok maupun kolom. Nah pada balok yang biasa emnggunakan kayu usuk yang berukuran 5/7 cm sedangkan pada kolom menggunakan pipa / pipe support.

Nah sudah tahu kan fungsi support !!, seperti halnya support kamu ke doi yak

7. Scaffolding 

Scaffolding yaitu sebuah alat perancah yang digunakan sebagi sarana pendukung pekerjaan struktural dan juga arsitektur. Tanpa scafolding susah untuk dapat bekerja.

Nah itulah sekian pembahasan dari admin kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian


Posting Komentar untuk "ISTILAH DALAM PROYEK KONSTRUKSI"